Perkumpulan Lembaga Bantuan Hukum Barito Terbit telah resmi mengisi  Layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di Pengadilan Agama Tamiang Layang sejak ditandatangani Perjanjian kerjasama pada tanggal 28 Januari 2021.

 Terhitung sejak mulai aktif dan beroperasi di tanggal 1 Februari 2021 Posbakum Pengadilan Agama Tamiang sampai dengan 30 Juni 2021 telah melayani  50 masyarakat pencari keadilan. Posbakum PA Tamiang Layang melayani masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu secara ekonomis dalam menjalankan proses hukum di Pengadilan Agama Tamiang Layang secara gratis meliputi :

  1. Informasi Hukum
  2. Konsultasi Hukum
  3. Advis (Nasehat)
  4. Pembuatan Surat Gugatan/Permohon

Jenis layanan yang diminta pada umumnya adalah konsultasi dan bantuan membuatkan surat gugatan. Ini sangat memakan waktu. Akibatnya pelayanan sering berlangsung sampai sore”, ujar Asmuni Panitera sekaligus penanggung jawab secara teknis penyelenggaraan Posbakum. 

Ditemui tim redaksi, salah satu pengguna layanan Posbakum mengatakan sangat terbantu dengan adanya Layanan Posbakum di PA Tamla, “saya bisa curhat tentang masalah keluarga yang menimpa saya, saya dibantu solusinya bahkan, saya dibuatkan surat gugatannya karena saya orang kampung, orang awam keseharian hanya menyadap karet dan di Posbakum sama sekali tidak dipungut biaya’’.