Tamiang Layang 3 September 2021. Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Aparatur (SDM) Aparatur di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya, Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya menjadwal secara rutin pembinaan yang berlangsung setiap hari Jum’at yang akan diisi dengan materi-materi hukum yang secara langsung berhubungan dengan “kerja” aparatur Pengadilan dengan pemateri-pemateri yang kompeten, dimulai dengan KPTA, WKPTA sampai Hakim Tinggi di PTA Palangkaraya.

   Dalam kesempatan kali ini, yang mengisi atau pemateri yang menyampaikan materi-materi tentang hukum adalah langsung disampaikan oleh Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya, yakni KPTA Palangkaraya Bapak DR. H. Samparaja, S.H., M.H. 

   Dalam materi yang beliau sampaikan kali ini adalah berkaitan tentang Eksekusi. KPTA yang dalam penyampaian didampingi oleh Wakil Ketua PTA Palangkaraya menyampaikan  Eksekusi baik dari definisi sampai tata cara pelaksanaan eksekusi, “Eksekusi adalah Mahkota Pengadilan” itulah kata pembuka yang beliau sampaikan. Pada dasarnya eksekusi sebagai tindakan paksa menjalankan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, akan menjadi pilihan untuk dilakukan apabila pihak yang kalah tidak mau menjalankan atau memenuhi isi putusan secara sukarela.

  Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh peserta pembinaan dengan menyampaikan pertanyaan dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi di Pengadilan selama ini. Pembinaan seperti ini, akan terus digalakkan oleh PTA Palangkaraya guna meningkatkan capability dan pengetahuan agar tujuan peningkatan kualitas SDM semakin meningkat dan lebih professional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing.