List Berita Pengadilan Agama Tamiang Layang

admin - 2020-02-26, dilihat sebanyak 18 Kali

BAHAS HASIL RAKOR, KETUA PA TAMLA “SAATNYA KITA BERKOMPETISI KINERJA”

BAHAS HASIL RAKOR, KETUA PA TAMLA “SAATNYA KITA BERKOMPETISI KINERJA

Tamang Layang (26/2/2020) | PA Tamiang Layang

              Seluruh aparatur PA Tamla mengikuti rapat, Rabu (26/2/2020) dengan agenda sosialisai dan tindak lanjut hasil Rakor PTA Pangka Raya dengan PA-PA se-Kalimantan Tengah. Rapat yang dilaksanakan di ruang sidang PA Tamla tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PA Tamla Ahmad Padli.

              Saat membuka rapat Padli menyampaikan kepada seluruh aparatur PA Tamla untuk siap berkompetisi dengan satker-satker lain di Kalimantan Tengah. Padli ingin kenerja PA Tamla bisa mengalami peningkatan dari tahun 2019.

              “Saatnya kita berkompetisi agar bisa bersaing dengan satker lain. Kinerja kita di tahun 2020 ini harus ada peningkatan”, tegas Padli.

              Dalam rapat kali ini disampaikan hasil dari Rakor PTA Palangka Raya dengan PA-PA se-Kalimantan Tengah yang telah diadakan  dari 20-21 Februari 2020 di Palangka Raya yang telah dihadiri Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Plh. Panitera PA Tamla. 

               Secara bergantian masing-masing bidang menyampaikan hasil rakor tersebut kepada seluruh peserta rapat, dimulai dari Danu Aprilianto selaku Plh. Pnitera yang menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan bagian kepaniteraan dilanjutkan oleh Sekretaris PA Tamla Murtodi untuk bagian kesekretariatan dan Wakil Ketua Samsul Bahri untuk bidang Pengawasan.

              Menanggapi hasil rakor yang telah disampaikan masing-masing bidang, Ketua PA Tamla Ahmad Padli menginstruksikan kepada seluruh pejabat yang terkait dengan semua permasalahan untuk segera menindaklanjuti hasil-hasil tersebut dalam batas waktu yang ditetapkan. Laporan hasil tindak lanjut agar bisa disampaikan kepadanya dengan segera.

              “Segera kepada para pejabat-pejabat yang terkait dengan semua permasalahan yang telah disampaikan untuk menindaklanjuti. Nanti laporan pelaksanaan tindaklanjut tersebut agar dilaporkan kepada saya”, ucap Padli kepada seluruh peserta rapat.

              Pada kesempatan itu pula , Padli memberikan arahan untuk siap melaksanakan seluruh program Mahkamah Agung dan Badilag terutama program unggulan yang telah sampaikan oleh Dirjen Badilag melalui teleconference saat membuka rakor di Palangka Raya, yaitu Zona Integritas, Dekorum dan K3.

              “Untuk tahun 2020 ini Dirjen telah menetapkan 3 program unggulan, yaitu ZI, Dekorum dan K3. Dirjen ingin kita semua harus ikut mensukseskan semua program tersebut”, tambah Padli.

              Berdasarkan hasil rakor yang dilaksanakan di PTA Palangka Raya, kinerja PA Tamla di tahun 2019 secara umum masih berada di papan tengah  dari 13 satker yang ada di Kalimantan Tengah. Capaian tertinggi yang bisa diraih di tahun 2019 hanya di bagian loparan perkara, dimana PA Tamla menjadi satker yang mampu membuat laporan perkara tercepat dan terakurat dari satker-satker yang lain. Di tahun 2020 PA Tamla bertekat meningkatkan kinerjanya untuk bisa lebih bersaing lagi dari satker-satker lain.(acl)


admin - 2020-02-25, dilihat sebanyak 47 Kali

MEMBANGGAKAN, CAKIM PA TAMLA RAIH GELAR DOKTOR

MEMBANGGAKAN, CAKIM PA TAMLA RAIH GELAR DOKTOR

Tamiang Layang (25/2/2020) | PA Tamiang Layang

              Kabar menggembirakan kembali didapat keluarga besar PA Tamla. Salah satu Calon Hakim (Cakim) PA Tamla resmi mendapat gelar Doktor di bidang Hukum pada Jum’at (21/2/2020) dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

              Adalah Muhammad Fathi Nasrullah, pria kelahiran Surabaya 27 tahun silam ini menyampaikan kabar gembira kepada seluruh keluarga besar PA Tamla melalui group obrolan Whatsapp. Gelar Doktor resmi diberikan kepada Fathi setelah ia berhasil mempertahankan Desertasinya yang berjudul “Pembarian Nafkah Iddah Pada Perkara Perceraian (Analisis Terhadap Putusan Kasasi Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 137/K/AG/2007)” di hadapan Tim Penguji UIN Sunan Ampel Surabaya yang jumlah 7 orang, Jum’at (21/2/2020) lalu dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

              Melalui group whatsapp, sebelum menempuh ujian Desertasinya, Fathi sempat meminta do’a dan dukungan kepada seluruh keluarga besar PA Tamla. Secara spontan seluruh keluarga besar PA Tamla langsung mengirimkan do’a dan dukungan untuk Fathi agar dimudahkan dalam menjalani ujian Desertasinya serta bisa mendapatkan hasil yang mengembirakan.

              Melalui pesan yang dikirimnya, Fathi meyampaikan syukurnya dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kepadanya. Dijelaskan Fathi, tidak mudah baginya untuk bisa menuntaskan Pendidikan S.3. Ia harus membagi waktu, pikiran dan tenaga yang banyak. Selain ia dituntut untuk menyelesaikan kuliah, disaat yang bersamaan ia juga harus mengikuti Pendidikan calon hakim serta menjalani tugas magang di Pengadilan Agama Cilacap Kelas 1A.

              “Alhamdulillah di tengah kesibukan pendidikan calon hakim, saya bisa menyempatkan untuk menyelesaikan disertasi, tentu karena doa kedua orangtua dan rekan-rekan sekalian”, tulis Fathi yang dikirim via whatsapp.

Kedepan Fathi akan terus ingin belajar. Capaian yang saat ini telah ia dapatkan belum membuatnya puas. Fathi bertekat akan lebih lagi memperdalam ilmunya, khususnya di bidang hukum yang menjadi profesinya saat ini.

“Saya bahagia dengan pencapaian ini, namun tidak puas dengan ilmu yg telah saya dapatkan. Setelah ini masih banyak yg harus saya pelajari, terutama di bidang hukum”, sambung Fathi lewat pesan yang ia kirim. 

              Menanggapi capaian yang diraih Fathi, Ketua PA Tamla Ahmad Padli memberikan ucapan selamat dan apresiasi yang tinggi untuk Fathi. Dijelaskan olehnya bahwa Fathi telah memberikan contoh yang luar bisa yang layak untuk diikuti oleh aparatur PA Tamla yang lain. Diharap dengan berhasilnya Fathi menempuh Pendidikan hingga S3 bisa memotivasi aparatur yang lain untuk juga bisa mengikuti jejak Fathi.

              “Selamat tuk saudara Muhammad Fathi Nasrullah. Kami keluarga besar PA Tamla ikut merasa bangga dengan prestasi yang berhasil dicapai saudara Fathi. Ini merupakan contoh bagi kita semua warga PA Tamla untuk bisa meningkatkan kualitas kita dengan menempuh Pendidikan setinggi mungkin. Semoga kedepan aka nada lagi Fathi-Fathi baru yang lahir di PA Tamla”, ucap Padli di ruang kerjanya di Tamiang Layang.

Fathi merupakan Calon Hakim peradilan agama yang saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Calon Hakimnya. Predikat Calon Hakim Peradilan Agama  didapatnya setelah ia dinyatakan lulus seleksi penerimaan Calon Hakim yang dilaksanakan Mahkamah Agung pada tahun 2017 hingga kemudian Fathi ditempatkan sebagai Cakim PA Tamla. 

Sebelum menyandang gelar Doktor, suami dari Silviatus Sholikha ini telah menyelesaikan pendidikan S.1 di Universitas Jember pada tahun 2014 dengan gelar Sarjana Hukum (S.H.), kemudian ia melanjutkan pendidikan S.2 di UIN Maulana  Malik Ibrahim Malang dan berhasil mendapatkan gelar Magister Hukum (M.H.) pada tahun 2017 hingga akhirnya ia berhasil menyelesaikan Pendidikan S.3 di UIN Sunan Ampel Surabaya.(acl)


admin - 2020-02-24, dilihat sebanyak 20 Kali

MEMBANGGAKAN, 2 APARATUR PA TAMLA TERLIBAT PEMBUATAN 10 APLIKASI

MEMBANGGAKAN, 2 APARATUR PA TAMLA TERLIBAT PEMBUATAN 10 APLIKASI

Palangka Raya (24/2/2020) | PA Tamiang Layang

              PTA Palangka Raya baru saja menorehkan prestasi dengan melounching 10 aplikasi terbaru. Semua aplikasi tersebut telah secara resmi di luncurkan oleh Dirjen Badilag Dr. H,. Aco Nur, S.H., M.H. via teleconference saat membuka rakor PTA Palangka raya, Kamis (20/2/2020).

              Kesepuluh aplikasi tersebuthasil karya tim Satgas MISIK PTA Palangka Raya. Aplikasi-aplikasi terbaru tersebut adalah SIMONA (Sistem Monitoring Absensi), SIPENDI (Sistem Pengelolaan Naskah Dinas), SIDAK (Sistem Informasi Dokumentasi Administrasi Kepaniteraan), PTSP (Antrian PTSP), SKM (Digitakisasi Survey Kepuasaan Masyarakat), SP3K (Survey Pelayanan Publik dan Persepsi Korupsi), BUTIK (Buka Tamu Elektronik), SIMI (Sistem Meja Informasi), SIKAT (Sistem Informasi Akta Terintegrasi) dan SCIP (Scanning Card Informasi Perkara).

              Kehadiran 10 aplikasi tersebut menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi seluruh aparatur PA Tamla. Ada 2 orang aparatur PA Tamla yang terlibat langsung dalam pembuatan aplikasi-aplikasi tersebut. Adalah Muhamad Nor Kifli dan Rezza Rijki Adiputra, 2 aparatur PA Tamla ini tergabung dalam tim Satgas MISIK yang dibentuk PTA Palangka Raya.

              Tim Satgas MISIK terdiri dari admin-admin TI dari seluruh Pengadilan Agama di Kalimantan Tengah. Di dalam tim ini terdapat para ASN dan juga tenaga kontrak yang dipandang memiliki kemampuan dalam bidang TI. Mereka secara rutin dan berkala bertugas mempelajari, mengembangkan teknologi di wilayah PTA Palangka Raya.

Muhamad Nor Kifli atau biasa dipanggil Kifli merupakan ASN PA Tamla yang saat ini menduduki jabatan Panmud Gugatan. Pria kelahiran Butok ini merupakan admin pertama yang dimiliki PA Tamla sejak awal berdiri. Kifli mengaku kemampuannya di bidang TI didapatnya secara otodidak. Pria lulusan Fakultas Syari’ah UIN Antasari Banjarmasin ini mempelajari komputer karena kesukaannya dengan dunia tersebut. Kifli merasa ada kepuasaan tersendiri saat mengotak-atik komputer.

“Senang aza rasanya kalo lagi pegang komputer. Memang dari dulu saya suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan dunia ini”, ucap Kifli saat ditemui redaksi di Palangka Raya.

              Berbeda dengan Kifli, untuk Rezza Rijki Adiputra saat ini masih berstatus CPNS PA Tamla. Ia bergabung dengan PA Tamla sejak April 2019. Pria yang biasa dipanggil Rezza ini mengaku memang mempelajari TI secara formal ia merupakan lulusan Universitas Telkom Bandung di bidang TI. Rezza nengaku memang sengaja mengambil kuliah di bidang TI untuk memperdalam kemampuannya. Baginya memiliki kemampuan TI sangat diperlukan di era digital saat ini.

              “Zaman sekarang yang sudah serba digital, itu yang membuat saya sangat ingin memiliki kemampuan di bidang TI. Saya sengaja mengambil jurusan kuliah untuk itu”, ucap pria lajang ini.

              Ketua PA Tamla Ahmad Padli secara khusus memberikan apresiasinya kepada Kifli dan Rezza yang telah memberikan prestasi yang membanggakan. Padli berpesan kepada keduanya untuk tetap rendah diri dan tidak mudah merasa puas dengan capaian yang diraih saat ini. 

“Selamat untuk pak Kifli dan Rezza. Saya merasa bangga dengan yang telah mereka lakukan. Namun jangan pernah merasa puas, tetap terus belajar dan yang penting tetap rendah diri. Sekali lagi selamat tuk mereka berdua”, ujar Padli saat ikut menghadiri rakor Palangka Raya .(acl)


admin - 2020-02-24, dilihat sebanyak 17 Kali

PA TAMLA RAIH PREDIKAT TERBAIK PELAPORAN PERKARA TAHUN 2019

PA TAMLA RAIH PREDIKAT TERBAIK PELAPORAN PERKARA TAHUN 2019

Palangka Raya (24/2/2020) | PA Tamiang Layang

              Dalam rakor PTA Palangka Raya dengan seluruh Pengadilan Agama se-Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Palangka Raya sejak 20-21 Februari 2020, PA Tamla berhasil terpilih sebagai satker dengan kinerja terbaik pertama untuk kategori Laporan Perkara tercepat dan terakurat tahun 2019.

              Terpilihnya PA Tamla sebagai terbaik pertama dari 13 PA se-Kalimantan Tengah menjadi sebuah kejutan dalam rakor kali ini. Sebagai satker baru di Kalimantan Tengah, prestasi yang diraih PA Tamla tentu diluar dugaan banyak pihak. Memang dari berbagai kategori yang diberikan, PA Tamla hanya mampu meraih satu kategori saja, namun hal tersebut tetap menjadi sebuah kebanggan bagi semua aparatur PA Tamla, demikian dijelaskan oleh Ketua PA Tamla Ahmad Padli setelah menerima sertifikat di PTA Palangka Raya, Kamis (20/2/2020).

              Sertifikat diterima langsung oleh Ahmad Padli selaku Ketua PA Tamla yang diserahkan langsung oleh Ketua PTA Palangka Raya Drs. H. Shofrawi, S.H., M.H. di Aula PTA Palangka Raya. PA Tamla menerima sertifikat Bersama dengan PA Buntok sebagai terbaik kedua dan PA Muara Teweh sebagai terbaik ketiga.

              Padli berharap hasil yang telah dicapai oleh PA Tamla di tahun 2019 bisa lebih baik lagi di tahun 2020. Meski untuk mencapai hal tersebut tidak mudah karena semua PA terus berlomba memberikan kinerja yang baik, namun dengan keyakinan dan semangat yangk kuat dari semua aparatur PA Tamla, hal tersebut menurut Padli bisa saja menjadi sebuah kenyataan nantinya.

              “Alhamdulillah bisa dapat satu sertifikat. Mudahan tahun depan (red : 2020) bisa lebih baik lagi. Memang persaingan kinerja di Kalimantan Tengah sangat berat, namun bisa saja nanti PA Tamla lebih baik lagi selama semua aparatur memiliki keyakinan yang kuat serta semangat yang tinggi”, ucap Padli.

              Menanggapi prestasi yang berhasil diraih PA Tamla. Plh. Panitera PA Tamla Danu Aprilianto merasa bersyukur. Bagi Danu yang mejabat sebagai Panmud Hukum PA Tamla, ia merasa hasil ini menjadi sebuah motivasi kuat lagi untuk tahun 2020. Sebagai orang yang bertanggungjawab membuat laporan perkara setiap bulannya, Danu tidak pernah menduga hasilnya akan terpilih sebagai terbaik pertama. Selama ini menurutnya ia dan tim hanya berusaha melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

              “Sama sekali tak pernah menduga akan mendapatkan hasil ini, karena memang sudah menjadi tugas saya dan teman-teman di kepaniteraan untuk memastikan laporan perkara dibuat dengan baik dan benar setiap bulannya, untuk itu terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada kami”, tutur pria lulusan UIN Jakarta ini.

              Dalam rakor kali ini, PA Sampit berhasil menjadi juara umum sebagai PA dengan kinerja terbaik dari 13 peradilan agama se-Kalimantan Tengah untuk tahun 2019. PA Sampit terpilih karena paling banyak meraih penghargaan dari berbagai kategori.(acl)


admin - 2020-02-24, dilihat sebanyak 26 Kali

RAKOR PTA DAN PA SE KALIMANTAN TENGAH, DIRJEN RESMIKAN 10 APLIKASI

RAKOR PTA DAN PA SE KALIMANTAN TENGAH, DIRJEN RESMIKAN 10 APLIKASI

Palangka Raya (24/2/2020) | PA Tamiang Layang

              Sejak Kamis hingga Jum’at (20-21/2/2020) PA Tamla mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dengan PTA Palangka Raya serta seluruh Pengadilan Agama se-Kalimantan Tengah di Palangka Raya. Rakor pertama di tahun 2020 tersebut dibuka langsung oleh Dirjen Badilag Dr.H. Aco Nur, S.H., M.H. via telekonference.

              Telekonference langsung dengan badilag dimulai pukul 08.00 WIB. Selain PTA Palangka Raya, telekomference juga diikuti oleh PTA Semarang dan PTA Kupang. Ketiga PTA tersebut memang berbarengan melaksanakan rakor di wilayah masing-masing di waktu yang bersamaan. 

              Dalam sambutannya Dirjen Badilag menyampaikan 3 program unggulan Badilag untuk tahun 2020, yaitu Dekorum ruang sidang, K3 (Kebersihan, Keindahan dan Kerapian) dan  Zona Integritas. Aco Nur menyerukan kepada seluruh peradilan Agama di Indonesia untuk mensukseskan semua program unggulan yang dicanangkannya tersebut.

              “Saya sudah mecanangkan 3 program unggulan badilag untuk tahun 2020, yaitu Dekorum, K3 dan ZI. Untuk itu saya minta semua peradilan agama serius melaksanakan semua program tersebut”, ucap Dirjen Badilag yang didengar seluruh peserta rakor.

              Menanggapi instruksi Dirjen Badilag, Ketua PTA Palangka Raya Drs. H. Shofrawi, S.H., M.H. menyapaikan kesanggupan seluruh aparatur peradilan agama di Kalimantan Tengah. Pada kesempatan tersebut PTA Palangka Raya meminta Dirjen Badilag untuk melaunching secara resmi 10 aplikasi terbaru hasil karya tim Satgas MISIK PTA Palangka Raya, yaitu SIMONA (Sistem Monitoring Absensi), SIPENDI (Sistem Pengelolaan Naskah Dinas), SIDAK (Sistem Informasi Dokumentasi Administrasi Kepaniteraan), PTSP (Antrian PTSP), SKM (Digitakisasi Survey Kepuasaan Masyarakat), SP3K (Survey Pelayanan Publik dan Persepsi Korupsi), BUTIK (Buka Tamu Elektronik), SIMI (Sistem Meja Informasi), SIKAT (Sistem Informasi Akta Terintegrasi) dan SCIP (Scanning Card Informasi Perkara).

Dirjen Badilag merasa senang dan memberikan apresiasi kepada PTA Palangka Raya terutama kepada tim satgas MISIK. Tidak tanggung-tanggung, Dirjen Badilag langsung mengundang seluruh tim satgas MISIK untuk melakukan prasentasi 10 aplikasi tersebut di Badilag sembari diikuti gemuruh tepuk tangan seluruh peserta rakor yang memenuhi Aula PTA Palangka Raya.

              Rakor yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris seluruh PA se-Kalimantan Tengah ini diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari evaluasi kinerja tahun 2019, penyerahan sertifikat kinerja terbaik, bedah berkas hingga pembinaan dari KPTA kepada seluruh peradilan agama di Kalimantan Tengah.

              Ketua PA Tamla Ahmad Padli saat diminta keterangan menyampaikan akan segera melakukan sosialisai kepada seluruh aparatur PA Tamla tentang pembinaan Dirjen Badilag serta menindaklanjuti hasil yang diperoleh dari rakor. 

“Setibanya kami di Tamiang Layang nanti, saya akan langsung mengadakan sosialisasi dengan semua aparatur untuk menyampaikan pembinaan pak Dirjen tadi dan juga membahas apa saja yang menjadi rumusan dari rakor kali ini”, tegas Padli.(acl)


admin - 2020-02-24, dilihat sebanyak 36 Kali

IKUTI SELEKSI KMA CUP, SAMSUL GAGAL LOLOS KE JAKARTA

IKUTI SELEKSI KMA CUP, SAMSUL GAGAL LOLOS KE JAKARTA

Palangka Raya (24/2/2020) | PA Tamiang Layang

              Wakil Ketua PA Tamla Samsul Bahri gagal terpilih menjadi pemain tenis Turnamen Tenis Perseorangan Piala Ketua Mahkamah Agung. Kegagalan Samsul tersebut diketahui setelah melihat hasil semua pertandingan seleksi yang dilaksanakan oleh pengurus PTWP Daerah PTA Palangka Raya, Jum’at (21/2/2020) di Palangka Raya.

              Dalam pertandingan seleksi tersebut, Samsul hanya mampu meraih satu kali kemanangan saja. Dengan nilai tersebut tidak cukup mengantarkan Samsul untuk maju ke babak semifinal, sehingga sudah dapat dipastikan Samsul tidak akan terpilih menjadi pemain yang akan mengikuti Turnamen Tenis perseorangan Piala Ketua Mahkamah Agung yang akan digelar April nanti di Jakarta.

              Sebelumnya Samsul mendapatkan kehormatan menjadi satu-satunya perwakilan dari PA Tamla yang dipanggil oleh pengurus PTWP Daerah PTA Palangka Raya untuk mengikuti seleksi KMA Cup di Palangka Raya. Total ada 8 orang Hakim dan 4 orang karyawan yang berlomba merebutkan posisi terbaik. Dari kelompok Hakim dicari 3 orang terbaik yang berhak ikut turnamen di Jakarta, sedangkan dari kelompok karyawan dicari 2 orang terbaik.

              Meski telah gagal lolos menjadi pemain, Samsul sama tidak begitu kecewa. Baginya telah dipanggil meramaikan seleksi kali ini sudah merupakan sebuah kebanggan dan ia merasa sudah memberikan yang  maksimal dalam seleksi kali ini, sehingga tidak ada yang perlu disesali lagi menurutnya. 

              “Seru sekali pertandingannya, saya akui memang permainan saya masih kalah dengan yang lain. Tapi saya senang sudah bisa memberikan perlawanan dalam pertandingan. Terima kasih sudah memberikan saya kesempatan ini. Rasanya tidak ada yang perlu saya sesali dengan kegagalan ini”, ucap Samsul saat selesai mengikuti seleksi.

Dari hasil seleksi akhinya yang terpilih menjadi pemain dalam Turnamen perorangan Piala Ketua Mahkamah Agung di Jakarta, untuk kelompok Hakim diraih Hairil Anwar (PA Nanga Bulik), Mohd. Anton Dwi Putra (PA Pulang Pisau dan Indra Purnama Putra (PA Kasongan), sementara untuk kelompok karyawan berhasil di raih oleh Misran dan Said Harli (PA Palangka Raya).(acl)


admin - 2020-02-17, dilihat sebanyak 28 Kali

PENUHI SURAT PTA, KIFLI BERANGKAT KE PALANGKA RAYA

PENUHI SURAT PTA, KIFLI BERANGKAT KE PALANGKA RAYA

Tamiang Layang (17/2/2020) | PA Tamiang Layang

              Salah satu admin TI PA Tamla Muhamad Nor Kifli sejak Senin Sore (17/2/2020) berangkat ke Kota Palangka Raya. Keberangkatan Kifli tersebut memenuhi surat dari PTA Palangka Raya Nomor W16-A/285/KP.04.6/II/202, tanggal 13 Februari 2020.

              Keberangkatan Kifli dilepas langsung oleh Plh. Panitera PA Tamla Danu Aprilianto. Saat melepas, Danu menjelaskan bahwa Kifli akan berada di Kota Cantik Palangka Raya hingga Jum’at (21/2/2020). Selama di Palangka Raya, Kifli akan bergabung dengan admin TI yang lain dari seluruh Pengadilan Agama di Kalimantan Tengah sebagai tim Satgas MISIK. Mereka nantinya akan bertugas membuat dan memperbaharui aplikasi-aplikasi serta membantu mempersiapkan kegiatan Rapat Koordinasi PTA dengan Pengadilan Agama se-Kalimantan Tengah yang akan digelar dari tanggal 20 hingga 21 Februari nanti. 

              “Saudara Kifli memang termasuk dalam Tim Satgas MISIK PTA Palangka Raya. Nanti di sana ia akan bekerjasama dengan anggota tim yang lain untuk membuat atau memperbaharui aplikasi-aplikasi yang ada serta membantu mempersiapkan Rakor PTA dengan PA-PA se-Kalteng khususnya di bidang TI-nya”, jelas Danu sesaat akan melepas Kifli di halaman Kantor PA Tamla. 

 Plh. Panitera PA Tamla saat melepas Kifli

Bagi Kifli, pamanggilan ini menjadi yang kesekian kalinya. Panmud Gugatan PA Tamla ini sebelumnya sudah beberapa kali dipanggil PTA bersama beberapa admin dari PA-PA lain di Kalimantan Tengah. Bagi Kifli bekerja dalam tim satgas merupakan kehormatan dan sekaligus kesempatan yang sangat berharga karena banyak ilmu-ilmu yang bisa diperolehnya dari kegiatan tersebut.

“Senang sekali bisa kembali berkumpul dengan para admin-admin yang lain. Saya bisa banyak belajar dari mereka nantinya”, ucap Kifli dengan senyum khasnya.

Menanggapi pemanggilan Kifli tersebut, Ketua PA Tamla Ahmad Padli ikut merasa bangga. Kembali dipanggilnya Kifli membuktikan kualitas Kifli dalam bidan TI memang diakui. Padli menitipkan pesan khusus kepada Kifli untuk memberikan kinerja yang maksimal selama kegiatan serta tetap rendah diri dan selalu menjaga nama baik PA Tamla. (acl)

“Kepada saudara Kifli agar bekerja dengan maksimal dan tetap rendah diri serta selalu bisa mengharumkan namanya secara pribadi dan nama PA Tamla tentunya”, ujar orang nomor satu di PA Tamla tersebut. (acl)



admin - 2020-02-05, dilihat sebanyak 30 Kali

MAKNA DARI LOGO “TAMIANG TOP”

MAKNA DARI LOGO “TAMIANG TOP”

Tamiang Layang (5/2/2020) | PA Tamiang Layang

              PA Tamla diketahui memiliki motto “TAMIANG TOP”. Dipilihnya kalimat “TAMIANG TOP” karena dapat melambangkan arti dari Transparan, Mandiri, Akuntabel, Agung, Terdepan, Optimal dan Profesional.

              Kata “TAMIANG TOP” ditemukan oleh Samsul Bahri yang saat ini menjadi Wakil Ketua PA Tamla. Pria yang akrab dipanggil Acul ini bercerita bagaimana ia menemukan kalimat tersebut berawal saat ia diminta oleh Ketua PA Tamla Ahmad Padli sekitar awal tahun 2019 untuk mencarikan beberapa kata untuk motto PA Tamla. Setelah merumuskan berbagai kata, akhirnya ia susunlah kata-kata tersebut menjadi satu kalimat “TAMIANG TOP”. Tadinya ia meminta Ketua PA Tamla untuk mengoreksi kembali kalimat yang telah disusunnya, namun ternyata Ketua PA Tamla langsung merasa cocok dengan kalimat tersebut hingga akhirnya dipilih menjadi motto PA Tamla sampai saat ini.

              Untuk lebih memperkenalkan motto yang sudah ada, PA Tamla kemudian mencoba membuat logo TAMIANG TOP. Pembuatan logo dimaksud agar PA Tamla lebih mudah dikenal dan memiliki ciri khas yang mudah diingat orang layaknya branding sebuah produk. 

Logo TAMIANG TOP akan mudah dijumpai di setiap benner dan spanduk yang ada di dalam Kantor PA Tamla bahkan salah satu baju kaos seragam PA Tamla sengaja didesain dan dipasang logo tersebut. Logo dengan dominasi warna merah dan kuning tersebut dibuat dengan kesan kekinian untuk menampilkan kesan modern tentang PA Tamla. Lantas apa arti dari logo TAMIANG TOP?

Berdasarkan hasil telusur redaksi, logo tersebut didesain oleh Rezza Rijki Adiputra, salah satu aparatur PA Tamla yang kini duduk di bagian kesekretariatan PA Tamla. Pemuda asal Kuningan tersebut memang dikenal memiliki kemampuan desain garfik yang bagus. Dari tangan dinginnyalah logo TAMIANG TOP tercipta. 

              Logo TAMIANG TOP terdiri dari tulisan TAMIANG TOP berwarna kuning yang diapit dengan dua gambar lekukan berwarna merah seperti cairan yang disiramkan, atau biasa disebut “Swoosh”. Tulisan TAMIANG TOP dengan warna kuning memiliki makna harapan PA Tamla bisa bersinar terang dan indah seperti emas. Sedangkan makna yang terkandung dari gambar lekukan berwarna merah seperti cairan yang disiramkan, yaitu kesuksesan yang terjadi adalah hasil jerih payah yang tidak pernah berhenti bergerak dan berjuang. Kesuksesan disini dilambangkan dengan siraman. Sedangkan dipilih warna merah sebagai warna lekukan tersebut untuk melambangkan semangat yang tinggi. Kesimpulan makna logo TAMIANG TOP adalah PA Tamla ingin menjadi Pengadilan Agama yang bersinar terang dan terus bergerak maju dengan penuh semangat. 

              Logo ini akan terus menjadi kebanggan PA Tamla. Dengan adanya logo ini, PA Tamla akan terus bersemangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan pelayanan yang Transparan, Mandiri, Akuntabel, Agung, Terdepan, Optimal dan Profesional. (acl)


admin - 2020-02-05, dilihat sebanyak 27 Kali

PANITERA PA TAMLA IKUTI DIKLAT SAKIP DI MEGA MENDUNG

PANITERA PA TAMLA IKUTI DIKLAT SAKIP DI MEGA MENDUNG

Tamiang Layang (5/2/2020) | PA Tamiang Layang

              Sejak Minggu (2/2/2020), Panitera PA Tamla Sogiannor bertolak menuju Bogor untuk mengikuti Pelatihan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Gelombang I yang dilaksanakan di Pusdiklat MA, Mega Mendung, Bogor.

              Kegiatan Pelatihan SAKIP tersebut akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 19 Februari 2020. Pemanggilan Panitera PA Tamla tersebut tertuang dalam surat dari Balitbangkumdil MA Nomor 20/Bld.4/Pim/1/2020,  tanggal 31 Januari 2020.

              Bagi pria yang akrab dipanggil Sugi ini, pelatihan kali ini merupakan hal baru baginya selama menduduki jabatan Panitera di PA Tamla. Sugi menambahkan ia merasa bersyukur mendapat kehormatan untuk mengikuti pelatihan SAKIP yang dilaksanakan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan MA.

              “Pelatihan SAKIP sangat penting untuk menunjang tupoksi kami para Panitera Pengadilan. Saya merasa bersyukur dan terhormat karena terpilih untuk mengikuti pelatihan kali ini dan memohon do’anya agar bisa mengikuti kegiatan dengan lancar”, ucap Sugi saat hendak meninggalkan kota Tamiang Layang.

              Keberangkatan Sogiannor dilepas langsung oleh Wakil Ketua PA Tamla Samsul Bahri. Kepada Sugi, Samsul mengucapkan selamat serta berpesan agar bisa mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan bisa memahami materi-materi pelatihan. 

              “Atas nama seluruh keluarga besar PA Tamla, saya mengucapkan selamat mengikuti pelatihan SAKIP kepada Pak Panitera. Saya meminta agar mengikuti seluruh kegiatan agar semua materi yang diberikan bisa dipahami hingga nantinya bisa diaplikasikan saat kembali ke satker”, ucap Samsul.

              Ditegaskan pula oleh Samsul, meski Panitera PA Tamla mengikuti pelatihan, semua pekerjaan dan pelayanan di PA Tamla tetap akan berjalan dengan normal. Untuk menjamin hal tersebut, seluruh tugas-tugas yang selama ini pegang oleh Panitera akan dilaksanakan oleh Panmud Hukum yang ditunjuk menjadi Plh. Panitera selama Sogiannor mengikuti pelatihan.

              “Semua operasional PA Tamla akan berjalan normal meski Panitera tidak berada di tempat. Kita sudah menunjuk saudara Danu Aprilianto selaku Panmud Hukum untuk menjadi Plh. Panitera PA Tamla selama pak Sogiannor mengikuti pelatihan di Bogor”, jelas ayah 3 anak ini. (acl)


admin - 2020-02-04, dilihat sebanyak 38 Kali

SERAHKAN SERTIFIKAT APM, KETUA PA TAMLA “HASIL TAKKAN MENGKHIYANATI PROSES”

Tamiang Layang (4/2/2020) | PA Tamiang Layang

              Ketua PA Tamla Ahmad Padli menyerahkan Sertifikat APM kepada Ketua APM PA Tamla Samsul Bahri. Penyerahan dilakukan saat menggelar Rapat Koordinasi dengan seluruh aparatur PA Tamla di ruang Sidang PA Tamla, Senin (3/2/2020). 

              Sertifikat APM tersebut sebelumnya telah diserahkan oleh Dirjen Badilag Dr. Drs. Aco Nur, M.H. kepada Ketua PA Tamla dalam rangkaian Rapat Koordinasi(RAKOR) Badilag yang dilaksanakan di Bintang Hotel Kuta Bali, Jum’at (31/1/2020) dan PA Tamla berhasil mendapatkan predikat A Excellent.

              Dalam acara RAKOR Badilag di Bali ada 64 Pengadilan Agama  yang memperoleh sertifikat APM serta 22 sertifikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Khusus untuk sertifikat APM, ada 3 predikat yang diberikan, yaitu perikat A Excellent, B dan C dimana PA Tamla  beruntung mendapatkan predikat A Excellent.

              Saat penyerahan kepada Ketua APM, Ketua PA Tamla Ahmad Padli menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kinerja aparatur PA Tamla yang berjuang keras memberikan hasil maksimal.

              “Saya ucapkan terima kasih untuk semua keluarga besar PA Tamla yang sudah bekerja tanpa kenal lelah hingga bisa memberikan hasil yang sangat mengembirakan. Semua ini membuat kita semua yakin bahwa Hasil takkan pernah mengkhiyanati proses”, ucap Padli dengan rasa haru.

              Ketua APM PA Tamla Samsul Bahri saat diminta tanggapannya menyampaikan rasa bangganya atas capaian yang diraih seluruh aparatur PA Tamla. Samsul mengingatkan untuk mendapatkan sesuatu perlu perjuangan keras, akan tetapi mempertahankan yang sudah didapat jauh lebih berat lagi.

              “Prestasi ini didapatkan dengan tidak mudah, tapi mempertahankan predikat ini menjadi sebuah beban yang jauh lebih berat lagi bagi kita semua”, tutur pria asal Muara Teweh ini.

Sertifikat diserahkan Ahmad Padli selaku Ketua PA Tamla kepada Samsul Bahri sebagai Ketua Tim APM PA Tamla dengan disaksikan oleh seluruh aparatur PA Tamla. Di akhir RAKOR, seluruh aparatur PA Tamla berfoto bersama dengan mengenakan kaos oleh-oleh dari Bali yang diberikan Ketua PA Tamla. BRAVO PA TAMLA. (acl)



Ahmad Padli S.Ag., M.H Ketua PA Tamiang Layang

Transparan, Mandiri, Akuntabel, Agung, Terdepan, Optimal dan Profesional #TAMIANGTOP...

Chat & Sosial Media

FACEBOOK YOUTUBE INSTAGRAM

Statistik Pengunjung

Pemda Barito Timur

APLIKASI

SIMARI E-COURT
PERPUSTAKAAN SIPP PA Tamiang Layang
SIKEP E-LEARNING
KOMDANAS JDIH