Agenda Sidang PA Tamiang Layang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

Biaya Perkara PA Tamiang Layang

Informasi biaya berperkara untuk wilayah radius di Kabupaten Tamiang Layang Pengadilan Agama Tamiang Layang

SIPP PA Tamiang Layang

Aplikasi SIPP adalah aplikasi pengarsipan perkara, yang membantu untuk menyampaikan informasi perkara para pihak

Ecourt PA Tamiang Layang

Memudahkan pelayanan berperkara, pendaftaran perkara, melihat taksiran pembayaran perkara, dan pemanggilan pihak secara online.

Ecourt PA Tamiang Layang

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Berita Pengadilan

TINJAU CALON LOKASI TANAH, WKPTA : "SEMOGA NANTI DISETUJUI MA"

Tamiang Layang (7/12/2019) | PA Tamiang Layang

            Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (WKPTA) Palangka Raya Drs. H. Luthfi, S.H., M.H. melakukan peninjauan ke lokasi salah satu calon tanah kantor PA Tamla. Peninjauan tersebut dilakukan disela kunjungannya ke Tamiang Layang, Kamis (5/12/2019).

            Drs. H. Luthfi, S.H., M.H. sengaja datang ke Tamiang Layang guna memberikan pembinaan kepada seluruh aparatur PA Tamla. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan perdana pasca ia dilantik menjadi WKPTA Palangka Raya. Dalam kunjungannya, WKPTA Palangka Raya didampingi Panitera PTA Palangka Raya Drs. M. Sidik, M.H.

            Tanah yang ditinjau merupakan salah satu tanah yang rencananya akan diusulkan ke Mamahkamah Agung (MA) untuk dibeli sebagai lokasi kantor PA Tamla. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua PA Tamla Ahmad Padli saat di lokasi. Padli menjelaskan kepada WKPTA Palangka Raya setidaknya harus ada tiga buah tanah yang akan diusulkan ke MA nantinya, salah satunya adalah tanah yang sedang ditinjau WKPTA tersebut. Orang nomor satu di PA Tamla tersebut berharap PTA Palangka Raya bisa mendukung proses pengusulannya nanti. “Jika semua persyaratan pengusulan sudah rampung, maka kami akan segera usulkan melalui PTA Palangka Raya untuk selanjutnya diteruskan ke Mahkamah Agung”, ucap Padli kepada WKPTA dan Panitera PTA Palangka Raya di lokasi tanah.

            Di lokasi, WKPTA Palangka Raya merasa senang dan setuju dengan tanah yang ia liat tersebut. Menurutnya tanah tersebut telah memenuhi syarat sebagai lakosi kantor PA Tamla. Meskipun luasnya tidak begitu besar, namun menurut pra asal Tuban ini tanah tersebut cukup repsentatif untuk menjadi lokasi PA Tamla. Berlokasi dipinggir jalan protokol dan berada di tengah kota Tamiang Layang menjadikan tanah tersebut layak untuk diusulkan ke MA untuk dibeli. “Semoga Mahkamah Agung setuju dan nanti bisa langsung melihat ke lokasi. Tanah ini sudah bagus untuk lokasi kantor PA Tamla”, ucap Mantan Hakim Tinggi PTA Jakarta tersebut.

            Pada kesempatan tersebut juga memberikan arahakan kepada pimpinan PA Tamla agar segera melengkapi dokumen pengusulan sebelum akhir tahun 2019. PA Tamla diingatkan jangan sampai terlambat agar waktu untuk proses pembahasan di MA cukup.

            PA Tamla sedang berupaya mendapatkan tanah untuk dijadikan lokasi kantor PA Tamla. Ketua PA Tamla melalui Sekretarisnya menyampaikan bahwa PA Tamla saat ini masih dalam proses pemenuhan persyaratan untuk pengusulan ke MA. Menurut Murtodi, saat ini pihaknya sudah ada mendapatkan beberapa lokasi yang dipandang layak untuk diusulkan, namun belum semuanya memenuhi kelengkapan dokumen pengusulan. “Tanah-tanah yang akan kami usulkan harus memenuhi syarat kelengkapan dokumen, seperti sertifikat, harga penawaran dan pernyataan tidak dalam sengketa”, tegas Murtodi.

            Untuk diketahui, PA Tamla saat ini sedang berusaha keras bisa mendapatkan tanah untuk lokasi Kantor PA Tamla dan ini menjadi salah satu prioritas PA Tamla di tahun anggaran 2020. Pengadaan tanah dipandang mendesak, karena PA Tamla saat ini hanya menempati kantor sementara dengan ukuran 8 x 10 meter. Bangunan tersebut merupakan sekretariat FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Barito Timur. Sesuai perjanjian yang disepakati, bahwa FKUB hanya bisa membantu meminjamkan sekretariat mereka hingga akhir tahun 2019 ke PA Tamla.(acl)

............ Baca lebih banyak



Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. .

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Wonosari memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).


Ahmad Padli S.Ag., M.H Ketua PA Tamiang Layang

Transparan, Mandiri, Akuntabel, Agung, Terdepan, Optimal dan Profesional #TAMIANGTOP...

Chat & Sosial Media

FACEBOOK YOUTUBE INSTAGRAM

Statistik Pengunjung

Pemda Barito Timur

APLIKASI

SIMARI E-COURT
PERPUSTAKAAN SIPP PA Tamiang Layang
SIKEP E-LEARNING
KOMDANAS JDIH