OPTIMALKAN PELAYANAN MASYARAKAT, KETUA PA TAMLA ADAKAN KUNJUNGAN KE SEJUMLAH KANTOR PEMERINTAHAN


Writed By admin | Tanggal 2019-09-06 | dilihat 53 Kali

OPTIMALKAN PELAYANAN MASYARAKAT, KETUA PA TAMLA ADAKAN KUNJUNGAN KE SEJUMLAH KANTOR PEMERINTAHAN

Kamis, 05 September 2019, Ketua Pengadilan Agama Tamiang Layang (Ahmad Padli S.Ag., M.H.) didampingi Panitera, Panitera Muda Hukum berikut asisten memulai kunjungan ke sejumlah daerah di Kabupaten Barito Timur. Sesaat sebelum keberangkatan, Ketua PA Tamla menyatakan perlunya untuk mengadakan kunjungan guna mempromosikan keberadaan PA Tamla kepada pejabat pemerintahan dan utamanya masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Timur. “Mengingat sebelum didirikannya PA Tamla, masyarakat yang hendak mencari keadilan harus rela menempuh perjalanan jauh ke PA Buntok yang berada di Kabupaten Barito Selatan, maka guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan kita harus mengadakan kunjungan untuk lebih mengenalkan keberadaan PA Tamla”. Demikian disampaikan Ketua PA. Tamla saat ditemui di ruang kerjanya. Keterangan yang sama disampaikan  oleh Danu Aprilianto, S.H.I., MH. selaku Panitera Muda Hukum.


Senada dengan kedua pernyataan tersebut, Tofiin, S.H.I, meyampaikan banyak keluhan masyarakat yang ia terima saat bertugas di meja informasi. “Selama bertugas di meja PTSP (Pelajayan Terpadu Satu Pintu), tidak sedikit saya mendapati masyarakat mengungkapkan rasa kecewa saat kedatangan mereka ke PA Buntok untuk mendapatkan keadilan ditolak lataran Barito Timur sudah tidak lagi menjadi wilayah yurisdiksinya”. Demikian disampaikan oleh Tofi’in, S.H.I., MH. selaku Staf Panmud Hukum dalam suasana obrolan santai di tengah perjalanan menuju lokasi. Tidak dapat dipungkiri hal demikian masih sering terjadi terhadap masyarakat yang masih belum mengetahui perihal keberadaan PA baru tersebut.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, sasaran pertama adalah Kantor Kecamatan Pematang Karau. Pilihan ini diambil karena jarak antara Pematang Karau dengan PA Tamla yang jauh. Selain itu, Pematang Karau merupakan wilayah yang membawahi 13 desa dengan total 10 desa berpenduduk mayoritas muslim. Kondisi demikian tentunya tidak menutup kemungkinan diadakannya kerjasama dalam upaya pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, terutama terkait dengan keabsahan pernikahan masyarakat di depan hukum negara. “Sebagai wilayah pemekaran saya yakin banyak masyarakat di wilayah kecamatan ini yang pernikahannya hanya dilaksanakan sebatas memenuhi syarat rukun agama, padahal perkembangan ke depan anak yang dilahirkan memerlukan surat menyurat yang tidak lepas dari buku nikah. Hal ini tentunya memberikan gambaran betapa urgen buku nikah terkait dengan administrasi kependudukan”. Demikian disampaikan Danu Aprilianto, S.H.I., MH. disela-sela perbincangan dengan pejabat kecamatan Pematang Karau. Senada dengan apa yang disampaikan oleh Panmud Hukum PA Tamla tersebut, Sri Hartati yang menjabat sebagai sekretaris Kecamatan Pematang Karau menyampaikan rasa bangga dan bahagia atas kunjungan PA Tamla. “Kami akan segera mengadakan koordinasi dengan jajaran pimpinan desa terkait dengan informasi bapak-bapak sekalian sampaikan”. Demikian ucap Sri Hartati saat ditemu di ruang kerja.(Tfn)


Ahmad Padli S.Ag., M.H Ketua PA Tamiang Layang

Transparan, Mandiri, Akuntabel, Agung, Terdepan, Optimal dan Profesional #TAMIANGTOP...

Chat & Sosial Media

FACEBOOK YOUTUBE INSTAGRAM

Statistik Pengunjung

Pemda Barito Timur

APLIKASI

SIMARI E-COURT
PERPUSTAKAAN SIPP PA Tamiang Layang
SIKEP E-LEARNING
KOMDANAS JDIH