Sejarah Pengadilan


Writed By admin | Tanggal 2018-11-27 | dilihat 198 Kali

Sejarah Pengadilan

Sejarah Pengadilan

      Pengadilan Agama Tamiang Layang berdiri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan Pengadilan Agama Nanga Bulik, Pengadilan Agama Sukamara, Pengadilan Agama Kuala Pembuang, Pengadilan Agama Kasongan, Pengadilan Agama Tamiyang Layang, Pengadilan Agama Pulang Pisau, Pengadilan Agama Kuala Kurun, Pengadilan Agama Panajam, Pengadilan Agama Sendawar, Pengadilan Agama Belopa. Pengadilan Agama Pasangkayu, Pengadilan Agama Malili, Pengadilan Agama Lasusua, Pengadilan Agama Rumbia, Pengadilan Agama Lolak, Pengadilan Bolaang Uki, Pengadilan Agama Boroko, Pengadilan Agama Tutuyan, Pengadilan Agama Suwawa, Pengadilan Agama Kwandang, Pengadilan Agama Dataran Hunipopu, Pengadilan Agama Dataran Hunimoa, Pengadilan Agama Namlea Dan Pengadilan Agama Kaimana pada Tanggal 26 April 2016.

      Peresmian operasional di lakukan pada hari Senin Tanggal 22 Oktober 2018 di Melonguane Ibu Kota Kabupaten Talaud Provinsi Sulawesi Utara oleh Ketua Mahkamah Agung R.I. Prof. DR. H. M. Hatta Ali bersamaan dengan peresmian operasional 84 Pengadilan Lainnya yang terdiri dari 30 Pengadilan Negeri, 53 Pengadilan Agama dan 2 Pengadilan Tata Usaha Negara.

      Pengadilan Agama Tamiang Layang merupakan salah satu dari 7 Pengadilan Agama baru di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah yang diresmikan pada Tahun 2018, sebagai tambahan dari 6 Pengadilan Agama yang sebelumnya telah ada. Ketujuh Pengadilan Agama baru tersebut adalah Pembentukan Pengadilan Agama Nanga Bulik, Pengadilan Agama Sukamara, Pengadilan Agama Kuala Pembuang, Pengadilan Agama Kasongan, Pengadilan Agama Tamiyang Layang, Pengadilan Agama Pulang Pisau, Pengadilan Agama Kuala Kurun.

      Pengadilan Agama Tamiang Layang mempunyai wilayah yurisdiksi Kabupaten Barito Timur yang sebelumnya menjadi wilayah Yurisdiksi Pengadilan Agama Buntok. Kabupaten Barito Timur menjadi Kabupaten Otonom sejak tahun 2002 memisahkan diri dari Kabupaten Barito Selatan, dengan luas wilayah 3.834 km2 Kabupaten Barito Timur terdiri dari 10 Kecamatan dengan 103 Desa/Kelurahan.

       Pada tanggal 26 Oktober 2018 telah dilantik dan diambil sumpah 8 (Delapan) orang personel Pengadilan Agama Tamiang Layang, yang terdiri dari :

  1. Ahmad Padli, S.Ag., M.H. sebagai Ketua (sebelumnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh
  2. Samsul Bahri, S.HI sebagai Hakim (sebelumnya Hakim Pengadilan Agama Kota Baru);
  3. Sulyadi, S.HI., M.H. sebagai Hakim (sebelumnya Hakim Pengadilan Agama Buntok);
  4. Sogiannor, S.Ag sebagai Panitera (sebelumnya Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Pangkalan Bun);
  5. Murtodi, S.Kom., SH sebagai Sekretaris (sebelumnya Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Kuala Kapuas);
  6. Danu Aprilianto, S.HI., M.H. sebagai Panitera Muda Hukum (sebelumnya Panitera Pengganti Pengadilan Agama Buntok);
  7. Mukhammad Ali Ridwan, SE sebagai Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan (sebelumnya Staf/Bendahara Pengadilan Agama Buntok);
  8. Muhamad Nor Kifli, S.HI sebagai Panitera Pengganti (sebelumnya staf/jurusita pengganti Pengadilan Agama Sampit).

      Pengadilan Agama Tamiang Layang memulai opersional dengan menempati Kantor Sekretariat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Barito Timur di Jl. A. Yani Km. 4 Tamiang Layang dengan status Pinjam Pakai.

      Setelah melalui upaya-upaya persiapan baik yang berhubungan dengan sarana dan prasarana, Sumber Daya Manusia dan kelengkapan administrasi pada tanggal 04 Desember 2018 secara resmi Pengadilan Agama Tamiang Layang menerima pendaftaran perkara pertama dan melakukan persidangan perdana pada hari Senin tanggal 18 Desember 2018.


Ahmad Padli S.Ag., M.H Ketua PA Tamiang Layang

Transparan, Mandiri, Akuntabel, Agung, Terdepan, Optimal dan Profesional #TAMIANGTOP...

Chat & Sosial Media

FACEBOOK YOUTUBE INSTAGRAM

Statistik Pengunjung

Pemda Barito Timur

APLIKASI

SIMARI E-COURT
PERPUSTAKAAN SIPP PA Tamiang Layang
SIKEP E-LEARNING
KOMDANAS JDIH